Di Lery’s Workshop, Produksi Sandal-Sepatu yang Kekinian

0
139

Bogor | Kabarindoraya.com

Kehadiran bengkel sepatu dan sendal di wilayah Ciomas, Bogor tidak hanya sekadar dikenal. Kualitas material dan pengerjaannya pun dinilai rapi dan memuaskan.

Meski begitu, tidak semua bengkel dapat melayani berbagai jenis layanan yang dibutuhkan pabrikan atau perorangan, baik itu model maupun keunggulan tren desain yang dibuatnya. Lery’s Workshop hadir menjawab kebutuhan alas kaki di masa kini.

Owner Lery’s Workshop, Leri Suciadi mengatakan, Bengkel dan produsen sepatu yang melambungkan nama Faradela ini melayani pemesanan sepatu dalam jumlah kecil dan besar dari mulai personal, perusahaan, instansi pemerintah, dan sekolah, dengan harga yang sangat terjangkau. Tak hanya itu, Lery’s Workshop juga memberikan garansi bagi layanannya.

“Usaha ini dari tahun 2001. Ini awalnya dari teman pengrajin sepatu, saya senang melihatnya, tertarik dan tertantang juga untuk bisa melakukan sampai mempelajarinya dengan serius. Orang-orang belajar bisa sampai tahun, kalau saya sendiri cuman seminggu langsung terjun ke usaha ini,” ujar Leri.

Seiring perjalanannya, Lery’s Workshop telah banyak memproduksi sandal mulai dari sandal rumah, sendal jalan, sendal kantor hingga sendal resmi untuk acara seperti pernikahan dan lainnya. Hal serupa juga untuk produk sepatu yang menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

“Kita bisa memenuhi permintaan pelanggan dari segi model apa saja, yang penting itu masih sendal dan sepatu wanita. Di sini kebanyakan custom,” ungkap Leri.

Bagi Leri, kepuasan pelanggan tentunya menjadi hal utama. Produk sandal dan sepatu yang diproduksinya menggunakan bahan-bahan yang benar-benar berkualitas, namun dengan harga jual yang terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat.

“Untuk bahan memang bukan yang kulit asli, karena kalau kulit asli yang kita coba produksi rata-rata konsumen kita nggak mampu dari harganya, jadi bahan yang harga dibawah, tapi kualitasnya bagus. Tapi seandainya ada permintaan dari bahan kulit asli kita siap,” katanya.

Untuk sepasang sandal dan sepatu, ia jual dengan harga mulai dari Rp40.000 sampai dengan Rp145.000. Lery’s Workshop saat ini selain melayani pembelian dalam jumlah partai minimal 100 pasang sandal dan sepatu dengan bebas memesan model, warna dan ukuran, juga satuan secara online melalui marketplace.

“Dan untuk ritel kita setiap bulan itu ada discount voucher 50 persen, gratis ongkos kirim, belanja satu dapat satu dan lainnya. Kita ada di Shopie, Lazada, Tokopedia dan Tiktok juga ada,” imbuhnya.

Selain itu, Lery’s Workshop memberikan garansi untuk produknya.

“Kita ada garansi. Klaim garansi itu dipakai 30 hari ada masalah dari pengerjaan kita akan kembalikan dengan kondisi yang lebih baik. Contoh alas atau tutup hak copot, kita revarasi. Tapi itu jarang banget terjadi, karena kita memang jaga kualitas sebelum diterima pelanggan betul-betul diperiksa dulu,” katanya.

Lery’s Workshop yang berlokasi di Jalan Ciomas Raya, Cikoneng 1 No.05 RT04 RW03, Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kini telah mampu memproduksi 200 pasang sendal maupun sepatu per harinya.

Produksi sandal dan sepatu di bengkelnya itu dibantu dengan 18 pekerja yang merupakan warga sekitar. Ia mengatakan, sendal dan sepatu yang diproduksinya telah memenuhi ceruk pasar di seluruh wilayah Indonesia dengan omzet penjualan mencapai Rp500 juta per bulan.

Dalam kesempatan ini, Leri yang juga Seksi SDM Aliansi Produsen Alas Kaki (Aspak) Bogor Raya mengajak para pengrajin sepatu dan sandal di Bogor khususnya Ciomas untuk selalu menjaga kualitas produknya. Ia meyakini sepatu dan sandal lokal mampu bersaing dengan produk impor.

“Sandal dan sepatu brand lokal ini dari kualitas, model dan harga tidak kalah dengan brand luar negeri,” tandas pria kelahiran Medan tahun 1979 itu. (Rzb)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini