Journalist dimana pun berada. Ada apa dengan “PERS”

0
133

 

Oleh :
Dasmer Ali Malayoe
Ketua Asosiasi Wartawan Kota

Journalist dimana pun berada. Ada apa dengan “PERS”. Karena “Pers” adalah istilah yang digunakan untuk Media Massa diantaranya, Penerbit/SPS, Wartawan/Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Organisasi lainnya, percetakan/SGP, Periklanan/API, Radio/PRSNI dan TV/AJTVI.
Jadi kalau ditanya ada apa dengan PERS, ya tidak ada apa-apa.

Pers tidak berubah, bahkan kelembagaan PERS itu dibentuk dalam nama “DEWAN PERS RI” yang anggotanya dari berbagai organisasi pers tersebut, makin maju dan berkembang sesuai sejarah perjuangannya, untuk bangsa dan semakin kokoh, dengan dibentengi Undang Undang Tentang Pers No.40 tahun 1999, dan Kode Etik Jurnalistik Penguatan Organisasi.

Wartawan yang telah dirancang dan disusun bersama sekitar 30 lebih organisasi Pers dari seluruh Indonesia dan Perguruan Tinggi yang kemudian ditetapkan dengan Surat Keputusan Dewan Pers.

Dalam perjalananya makin kuat mengawal reformasi untuk kepentingan bangsa dan NKRI berdasarkan Pancasila Dan Undang Dasar 1945 dan Peraturan perundangan. Lainnya.

Mungkin yang “ada apanya” adalah wartawan dan unsur Pers lainnya yang belum maksimal menjalankan UU tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik dan ketentuan peraturan perundangan lainnya.

Selamat Hari Pers Nasional (HPN) dan Ulang tahun PWI ke 77, Kamis 9 Februari 2023.

” Teruslah berjuang Insan Pers untuk menegakkan kebebasan tugas jurnalistik wartawan yang bertanggung jawab, Kepentingan Bangsa dan Negara Republik Indonesia, majulah Insan Pejuang Pena.

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini