MAN 2 Bogor Gelar Tarbiyah Ramadhan

0
71

Leuwisadeng | Kabarindoraya.com

Dalam upaya menyemarakkan Ramadhan MAN 2 Bogor mengadakan kegiatan ramdhan dengan judul tarbiyah Ramadhan, kegiatan ini menjadi kegiatan awal Ramadhan yang diperuntukan bagi siswa MAN 2 Bogor selama Ramadhan.

Waka Kesiswaan MAN 2 Bogor Hendra mengatakan sebagai syahrut tarbiyah atau bulan pendidikan, siswa MAN 2 Bogor mengisinya dengan kegiatan edukatif dimana para siswa diajak untuk memperbanyak menelaan kajian keislaman salah satunya tadarus dan pemberian materi keagamaan.

“Jadi anak-anak kita ajak untuk terus dan Kembali meneladani palajaran agama secara intens,” kata Hendra.

Lebih jauh dia menambahkan, Ramadhan memang bulan yang sangat kondusif dan mendukung aktifitas siswa MAN 2 Bogor untuk mengkaji ilmu agama, sebab pada bulan ini syetan yang biasa menggoda manusia serta menghembuskan kemalasan kita dalam menuntut ilmu tengah dibelenggu oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka, syetan-syetan dibelenggu, dan di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang/terjauhkan (dari kebaikan). (HR. An Nasa’i, Ahmad, dan Baihaqi; hasan),” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha MAN 2 Bogor Ade Irawan mengatakan, sudah selayaknya pelajar di bulan Ramadhan ini mengisisnya dengan kegiatan positif apalagi tarbiyah Ramadhan memiliki tujuan Kembali memberikan Pendidikan keagamaan secara intensif terutama dalam pembacaan Al Quran siswa.

“Sesungguhnya bulan Ramadhan adalah merupakan bulan tarbiyah, bulan pendidikan. Mendidik dan menempa iman-iman kita,” kata Ade.

Selain itu, berpuasa dan beraktivitas yang mengandung alaman sholeh di bulan ramadhan juga dapat memberikan hikmah tersendiri bagi muslim yang taat menjalankannya. Hikmah tersebut yaitu:

“Mendekatkan diri kepada Allah, mengendalikan hawa nafsu, membiasakan hidup teratur, disiplin waktu, melatih rasa empati dan menumbuhkan kasih sayang, kesetaraan bagi yang kaya dan miskin, melatih berakhlak mulia, dan melatih kecerdasan emosional,” bebernya.

(Lut)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini