Pemkab Bogor Berhasil Selenggarakan Pelayanan KB Gratis Program Sejuta Akseptor

0
7

Bogor | Kabarindoraya.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana (DP3AP2KB) bekerjasama dengan RSAU dr. M. Hassan Toto, Lanud Atang Sendjaja berhasil melaksanakan layanan KB gratis program sejuta akseptor. Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 dan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542 tahun 2024.

Kegiatan dilaksanakan di RSAU dr. M. Hassan Toto, Kecamatan Kemang, Senin (10/6), dan mendapatkan antusias dari masyarakat yang berasal dari 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor. Untuk diketahui, untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas maka perlu dilaksanakan program KB untuk mengatur kehamilan yang diinginkan, menjaga kesehatan ibu, bayi dan anak, meningkatkan akses dan kualitas informasi KB dan kesehatan reproduksi, meningkatkan partisipasi KB pria dan mempromosikan penyusuan bayi sebagai upaya untuk menjarangkan jarak kehamilan.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bogor, Sussy Rahayu menjelaskan, hari ini adalah pelayanan KB gratis program sejuta aksesor. Program hari ini dikhususkan untuk KB mantap yakni diperuntukan untuk perempuan yakni Metode Operasi Wanita (MOW) dan untuk laki-laki yakni Metode Operasi Pria (MOP).

“Program sejuta akseptor ini rutin dilaksanakan, tahun ini merupakan rangkaian Harganas ke-31 dan HJB ke-542. Program ini untuk pasangan yang tidak ingin memiliki keturunan lagi. Pesertanya adalah masyarakat Kabupaten Bogor dari seluruh kecamatan,” kata Sussy.

Sussy mengungkapkan, alhamdulillah antusias masyarakat sangat tinggi, hari ini saja sudah 90% yang ikut serta, jadi kalau hari ini lancar, kita berhasil mencapai target 100% untuk program sejuta akseptor.

“Harapannya bisa memotivasi kaum wanita dan juga kaum pria agar turut serta dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas dan pengendalian penduduk. Diantaranya dengan melakukan program KB, MOW, dan MOP yang membatasi kelahiran,” ungkap Sussy Rahayu.

Kepala RSAU dr. M. Hassan Toto, Kolonel Kes. dr.Hendro Yulieanto mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pj. Bupati Bogor dan DP3AP2KB yang telah memberikan kepercayaan dan amanah kepada RSAU kami untuk melaksanakan kegiatan ini, yakni memberikan pelayanan KB gratis kepada masyarakat dalam.

“Ini adalah kerja sama yang kesekian kalinya dengan Pemkab Bogor, hingga saat ini pelaksanaannya selalu diberikan kemudahan dan pelancaran. Semua pasien yang tadi dilakukan operasi, sudah mulai siuman dan bisa beraktifitas kembali, serta bisa dipulangkan ke rumah masing-masing,” ujar Hendro Yulieanto.

Ia menambahkan, kegiatan hari ini melibatkan Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, dokter kandungan, dokter Obgyn, dan yang paling penting adalah dokter anestesi. Kemudian kita juga melibatkan dokter emergensi medik. Karena beberapa pasien ada yang darah tinggi, ada yang gula darahnya tinggi, ini kita perlu siapkan dengan baik. Kita juga melibatkan banyak dokter umum, kemudian juga perawat-perawat setelah bidang yang menangani pasien-pasien ini.

 

(Redaksi)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini