Pesona Geopark Gunung Batur dan Desa Panglipuran Sihir Delegasi CAJ

0
25

 

BALI  | Kabarindoraya.com

Kintamani di Kabupaten Bangli, Bali memiliki panorama alam indah yang mungkin akan sulit dilupakan oleh para wisatawan.

Deretan tempat wisatanya pun tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Geopark Kaldera Gunung Batur yang pernah meletus beberapa kali dalam kurun waktu antara 1804 hingga 2000. Gunung berapi aktif ini telah masuk dalam Global Geopark Network UNESCO pada 20 September 2012.

Presiden CAJ Atal.S Depari serta delegasi The 20th General Assembly Confederation of ASEAN Journalist usai mengikuti rangkaian Sidang Umum Wartawan ASEAN menyempatkan diri untuk menikmati panorama Gunung Batur setelah mengunjungi Desa Wisata Panglipuran.

Atal S Depari yang juga Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia, mengaku sangat kagum dengan keindahan Geopark Gunung Batur Kintamani. Dia juga mengagumi perkembangan pariwisata Bangli yang tetap mampu bertahan meskipun hampir 2 tahun Bali terpuruk akibat pandemi Covid-19 yang mematikan pariwisata Bali.

Tapchai Yong, salah satu delegasi wartawan dari Thailand sangat kagum terhadap keindahan Bali termasuk Geopark Gunung Batur dan Desa Penglipuran.

Sama dengan Tapchai, Caroline wartawan dari Filipina menyatakan kekagumannya dengan menyebut, “Amazing Bali.”

Dia juga mengaku sejak tiba di Bali dirinya sangat kagum dengan panorama keindahan alam serta budaya dan tentu keramahtamahan masyarakat Bali.

“Saya berharap bisa kembali ke Bali,” ujarnya.

Kadis Pariwisata Kabupaten Bangli, I Wayan Sugiartha
merasa bersyukur atas kunjungan delegasi wartawan ASEAN dan wartawan dari beberapa provinsi ke Bangli, sehingga dapat membuat wisata Bali bangkit kembali.

“Pasca dibukanya kembali rute penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai beberapa waktu yang lalu, arus turis dari beberapa negara sudah mulai terlihat dan disambut dengan gembira oleh masyarakat Bali serta sejumlah pelaku industri pariwisata khususnya hotel di Bali,” kata Sugiartha.

I Wayan Sugiartha terus setia menemani para delegasi CAJ sejak kedatangan di Desa Penglipuran hingga ke Gunung Batur.

Di Desa Panglipuran, rombongan wartawan ASEAN nampak terkesima dengan dengan keberadaan desa ini yang termasuk Desa terbersih di dunia. Mereka kagum dengan tata letak dan keindahan bangunan tradisional, dan rombongan juga terkesan dengan keramahtamahan warga Penglipuran.

Begitu pula ketika tiba di Gunung Batur Kintamani, tampak para anggota delegasi CAJ menikmati santap siang dengan menu khas Bali sambil menikmati panorama alam yang begitu indah dan mempesona dengan danau kaldera yang terletak dibawahnya.

Para anggota delegasi CAJ yang hadir di Bali terdiri dari Club of Cambodian Journalists (CCJ), National Union of Journalists Malaysia (NUJM), National Press Club of the Philippines (NPC), Confederation of Thai Journalists (CTJ), Vietnam Journalists Association (VJA), Laos Journalists Association (LJA) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

(Sofwan)

( *_Humas PWI Pusat_* )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini